Tips Tetap Sehat Jalani Diet Tanpa Nasi

10 July 2019 893 Viewed

Dalam beberapa jenis diet, komponen karbohidrat kerap dieliminasi untuk menunjang program penurunan berat badan. Sebut saja diet keto, diet rendah karbohidrat, dan yang lebih spesifik, diet tanpa nasi. 

Bagi sebagian besar orang Indonesia, diet jenis ini jelas menyiksa. Maklum, perut orang Indonesia sulit merasa kenyang jika belum bertemu nasi.

Diet jenis ini tak melulu mengejar turunnya berat badan, tapi juga tubuh yang bugar. Agar tak jatuh sakit, ada beberapa tips yang bisa Anda coba seraya menjalani diet ini.

1. Usahakan konsumsi karbohidrat kompleks
Mengeliminasi nasi tapi masih mengonsumsi roti atau pasta sama saja bohong. Proses pengolahan beras putih, pasta, dan roti menghilangkan vitamin, mineral, dan serat pada biji-bijian.

Makanan dengan karbohidrat olahan mengandung indeks glikemik yang tinggi. Nilai indeks glikemik menggambarkan betapa cepat makanan bisa menaikkan kadar gula darah.

Oleh karena itu, beri tubuh asupan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, jagung, ubi, kedelai, alpukat, dan oatmeal.

2. Perhatikan asupan kalori
Diet jenis ini menghilangkan nasi dari piring. Namun, bukan berarti kalori yang masuk ke tubuh juga turut berkurang.

Saat diet, pastikan asupan kalori tetap cukup. Setiap orang umumnya membutuhkan sebanyak 2 ribu kalori harian.

Mengutip Live Strong, seorang wanita minimal mendapatkan asupan 1.200 kalori, sementara 1.500 kalori untuk pria per hari. Sedikit kalori hanya akan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan memperlambat metabolisme.

3. Pilih 'nasi' alternatif
Diet tanpa nasi bukan berarti Anda menghilangkan karbohidrat dari daftar asupan harian. Anda perlu mencari alternatif pengganti nasi.

Anda bisa mencoba nasi kembang kol. Kembang kol dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai nasi. Secangkir nasi kembang kol mengandung 4 gram karbohidrat. 

Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa membuat nasi brokoli. Cara menikmatinya pun bisa dipadu dengan lauk pauk dan sayur.

4. Perbanyak serat
Memperbanyak konsumsi serat bisa membantu diet jenis apapun. Buah-buahan dan sayuran kaya akan kandungan serat. Serat membuat perut terasa lebih kenyang dan memperlancar pencernaan. 

Sensasi kenyang antara asupan karbohidrat dan serat tentu berbeda. Jika ingin kenyang dengan serat, maka wanita disarankan mengonsumsi serat sebanyak 21-25 gram, sedangkan pria sebaiknya sebanyak 30-38 gram. 

5. Olahraga
Tak ada artinya jika diet dilakoni tanpa olahraga. Diet tanpa nasi pun tetap menyarankan Anda untuk berolahraga. Mulai dengan olahraga ringan dan sederhana seperti lari atau berjalan kaki. Peregangan juga bisa dilakukan di mana pun tanpa perlu area yang luas. Sisihkan beberapa menit per hari agar badan tetap bugar.



Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190709135311-255-410487/tips-tetap-sehat-jalani-diet-tanpa-nasi

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238