Mengapa 'Ngulet' Usai Bangun Tidur Terasa Enak di Badan?

09 July 2019 119 Viewed

Ngulet alias meregangkan di pagi hari usai bangun tidur kerap kita lakukan, seakan sudah menjadi hal wajib untuk membuat badan jadi lebih 'enak'. Hal ini kita lakukan sebagai reaksi dari hilangnya bentuk otot dan cairan yang cenderung berkumpul di sepanjang punggung.

"Meregangkan badan membantu untuk memijat cairan tersebut secara perlahan untuk kembali ke posisi normal. Ditambah otot kita juga melindungi diri dari ekstensi yang berlebihan dengan menghambat impuls saraf ketika mendekati batas," kata penulis ilmiah Luis Villazon, dikutip dari Science Focus. 

Disebut sebagai 'pandiculating', yang secara spesifik berarti peregangan sambil menguap dan itu adalah respons yang membantu tubuh untuk bangun tidur. Anggap saja seperti me-reboot tubuh dan anggap saja sebagai proses transisi setelah berada dalam posisi yang nyari sama semalaman membuat tubuh kaku.

Peregangan di pagi hari ini juga dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi stres sebelum memulai hari. Menurut terapis Nicholasi Lameli dari Professional Physical Therapy, ini karena gerakan mengaktivasi sistem saraf parasimpatis atau sistem yang bertanggung jawab atas kemampuan tubuh beristirahat, mencerna dan pulih. 

Akan tetapi, Licameli menyebut ia tidak merekomendasikan meregangkan 'otot yang dingin' sesegera mungkin setelah bangun tidur. Setidaknya lakukan sedikit pemanasan, misalnya berjalan-jalan sedikit, naik-turun tangga, atau apapun yang meningkatkan denyut jantung. 

"Peregangan dapat menjadi cara yang baik untuk memusatkan dan menyiapkan dirimu secara fisik dan mental sebelum kesibukan seharian. Seringkali kita mengabaikan sistem saraf parasimpatis dan juga pemulihan serta rehat fisik dan mental," kata Licameli, seperti dikutip dari Elite Daily. 

Kita bangun tidur langsung bangun dari kasur, buru-buru mandi dan berpakaian lalu berangkat berkegiatan, lanjutnya. Tambahkan jalanan yang macet, kendaraan umum yang penuh, pekerjaan yang menyibukkan, kita bisa melihat mengapa sangat mudah mengabaikan istirahat dan pemulihan. 

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4616307/mengapa-ngulet-usai-bangun-tidur-terasa-enak-di-badan

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238