Masih Perlukah Menggoyangkan Mobil Saat Isi Bensin?

15 July 2019 871 Viewed

Perilaku-perilaku unik pemilik mobil kadang jadi pemandangan sehari-hari, seperti salah satunya menggoyang-goyangkan mobilnya ketika sedang mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

Tak sedikit yang kemudian bertanya-tanya, sebenarnya untuk apa orang tersebut melakukannya dan apa tujuannya? Walaupun ada juga yang mungkin malah mengikuti kebiasaan tersebut.

Memang sudah tak lagi jadi rahasia umum, beberapa menganggap, cara itu dilakukan agar bensin yang sedang diisi cepat turun memenuhi tangki bahan bakar, dan bensin jadi lebih banyak di dalam tangki, tanpa tertahan udara

Lantas, apakah hal-hal tersebut benar adanya?

Menjawab mitos tersebut, Technical Leader Auto2000 Tebet Supomo, Ahmad Mu’min menjelaskan, menggoyang-goyangkan mobil saat sedang melakukan pengisian bahan bakar adalah suatu hal yang tidak ada manfaatnya.

Wah, enggak ada gunanya itu. Salah satu hal yang tidak menambah poin,” ujarnya saat dihubungi oleh kumparan.

Mu’min juga menyebut, posisi tangki bensin umumnya berada lebih rendah dari corong pengisiannya Sehingga, sudah pasti bensin yang merupakan zat cair akan otomatis mengalir ke tempat yang lebih rendah.

Zat cair sendiri memang memiliki sifat akan mengisi ruang yang kosong dan selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Oleh karena itu, sebenarnya para pengguna mobil sudah tidak perlu lagi menggoyang-goyangkan mobilnya tersebut saat sedang mengisi bensin.

Petugas mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU Jalan HR Rasuna Said. Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Berbahaya

Justru menurut Mu’min, menggoyang-goyangkan mobil saat sedang mengisi bensin adalah suatu hal yang berbahaya. Bukannya malah untung, khawatirnya jadi 'buntung' alias rugi.

Soalnya, bensin kan juga memiliki sifat penguapan, Justru, nanti malah berpotensi membuat mudah terbakar,” tutup Mu’min.

Mu'min pun menyarankan, agar lakukanlah pengisian bahan bakar seperti pada umumnya tanpa perlu repot menggoyang-goyangkan mobil.

Sumber : https://kumparan.com/@kumparanoto/masih-perlukah-menggoyangkan-mobil-saat-isi-bensin-1rTF76Ibvrs

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238