Kopi hingga Cokelat, Minuman yang Harus Dihindari saat Migrain

26 July 2019 571 Viewed

Migrain adalah sakit kepala yang secara umum disertai dengan mual dan kepekaan terhadap cahaya atau suara. Siapa pun bisa mengalami kondisi ini, termasuk anak-anak.
Sakit kepala ini menimbullan rasa tidak nyaman sehingga mengganggu produktivitas sehari-hari. Anda bisa menghilangkannya dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Tapi, jangan sekali-kali mengonsumsi minuman berikut ini.
Laman Web MD dan Health Line menyebut empat jenis makanan dan minuman yang wajib dihindari karena bisa menyebabkan migrain bertambah parah.



1. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol adalah satu dari empat hal yang wajib dihindari saat migrain menyerang. Sebab, minuman beralkohol jenis apa pun, seperti bir, wiski atau wine dipercaya bisa mengurangi kadar serotinin. Ini adalah hormon yang membuat seseorang merasa bahagia pada otak. Mengonsumsi alkohol hanya membuat stres dan migrain yang dialami bisa semakin parah.



2. Cokelat
Cokelat selalu diidamkan para wanita saat sedang stres, migrain atau mengalami perubahan hormonal. Sayangnya, hal ini justru memperparah kondisi mereka. Sebab, cokelat mengandung tiramin dan tinggi lemak. Kandungan ini akan berpengaruh pada fungsi saraf otak sehingga menyebabkan sakit yang tak kunjung sembuh.



3. Kopi


Kopi juga bisa memperparah migrain. Ahli nutrisi klinis, Dr Nupur Krishnan mengatakan, kopi membuat ketergantungan ringan dan meningkatkan kewaspadaan mental dan konsentrasi sementara. Penarikan konsentrasi yang tiba-tiba ini seringkali menyebabkan sakit kepala dan iritabilitas dari satu orang ke orang lain. "Apabila sudah mengalami gejala ini sebelumnya, dan ditambah dengan kopi lagi, hal ini justru akan semakin memperparah keadaan," kata dia.



4. Gula
Gula alami sangat penting karena semua tumbuhan dan hewan menyimpan energi secara kimia dalam bentuk gula. Selain itu, gula menyediakan nilai energi yang sama, yakni empat kalori per gram. Bahkan, gula lebih bagus ketimbang pemanis buatan. Namun sayangnya, banyak penelitian menyebutkan bahwa gula bisa menyebabkan sakit kepala. Jadi, hindari gula agar tidak memperparah migrain Anda.

Sumber : Tempo.co

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238