Terinspirasi dari semangat mitra merchant yang terus gigih dalam mengembangkan
bisnis kulinernya, GOJEK berinisiatif membuka GO-FOOD Festival, jaringan pujasera terbesar yang kini
sudah hadir di 31 titik di Indonesia. Kini, GO-FOOD Festival resmi hadir di Medan untuk mendorong UMKM
kuliner lokal agar bisa terus memperluas pasarnya serta memberikan pengalaman bersantap kuliner serba
nikmat dalam satu tempat untuk para konsumen, baik masyarakat maupun wisatawan lokal yang sedang
berkunjung ke Medan. Dengan 20 merchant yang menyuguhkan ragam kuliner, GO-FOOD Festival akan
dibuka selama 6 bulan kedepan di Centre Point Mall, Area Parkir Blok D (Parkiran Outdoor).
Head of Regional Corporate Affairs GOJEK Sumatera, Teuku Parvinanda menjelaskan, “Peningkatan
skala bisnis mitra merchant merupakan prioritas utama kami. Inovasi teknologi dan inisiatif yang berkelanjutan
dari hulu ke hilir terus kami hadirkan. Sehingga, mereka yang awalnya memulai bisnis kuliner dari usaha
rumahan bisa semakin giat berinovasi dan menciptakan produk yang memiliki kualitas terbaik di pasaran,
salah satunya melalui GO-FOOD Festival. Ini sejalan dengan misi awal GOJEK dalam menciptakan dampak
sosial. Kami tidak hanya menjadi super app terdepan karya anak bangsa dan pilihan utama masyarakat,
namun juga terus mendorong menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi tanah air.”
Di Medan, tercatat sekitar 13.000 merchant yang saat ini bergabung di aplikasi layanan pesan-antar makanan
GO-FOOD. Bulan Mei lalu, dampak GO-FOOD terhadap perekonomian juga dipaparkan oleh hasil riset dari
Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang menyatakan
bahwa teknologi GOJEK secara keseluruhan menyumbang Rp 1,7 Triliun ke perekonomian Medan, dimana
Rp 675 Miliar diantaranya berasal dari mitra UMKM GO-FOOD. Selain kontribusi terhadap ekonomi daerah
1
dan nasional, baru-baru ini GO-FOOD Festival mencatat prestasi baru, yaitu mencetak rekor Museum Rekor
Indonesia-Dunia (MURI) sebagai jaringan pujasera UMKM dengan lokasi terbanyak di Indonesia,
bahkan dunia..
Teknologi yang diciptakan GOJEK melalui platform layanan pesan-antar GO-FOOD juga dikatakan sebagai
pintu masuk pertama UMKM ke ekonomi digital, didukung oleh data bahwa 99% mitra UMKM menyatakan
bahwa GO-FOOD merupakan platform online yang pertama kali mereka gunakan dalam memasarkan produk
kuliner. Lebih jauh mengenai manfaat GO-FOOD bagi pertumbuhan bisnis merchant, 93% mitra UMKM juga
mengalami peningkatan volume transaksi setelah bergabung dengan GO-FOOD.
Teuku melanjutkan, “Selain fokus pada inovasi teknologi, GO-FOOD melalui GO-FOOD Festival ingin
mendorongnya peningkatan skala bisnis merchant dengan membuka cabang di lokasi-lokasi strategis. Data
internal kami memperlihatkan hasil yang cukup signifikan, mitra merchant UMKM di GO-FOOD Festival
berhasil meningkatkan omzet penghasilan hingga 2 kali lipat. Inilah yang mendasari terus meluasnya lokasi
GO-FOOD Festival, termasuk di Medan.”
Untuk mendapatkan kesempatan membuka gerai di GO-FOOD Festival, mitra merchant harus terlebih dahulu
terdaftar sebagai merchant GO-FOOD dan mencatatkan performa yang baik. Mitra merchant juga dapat
mengikuti program promosi dengan mudah serta mendapatkan fasilitas lengkap, mulai dari perlengkapan
memasak, alat penyimpanan makanan, listrik, hingga area berjualan semua disediakan secara gratis.
GO-FOOD Festival Centre Point Mall, Pusat Aktivitas Kuliner Baru di Kota Medan
VP Corporate Affairs for Food GOJEK, Rosel Lavina menuturkan, “Dengan dibukanya GO-FOOD Festival
Centre Point Mall, masyarakat memiliki alternatif lain untuk menikmati waktu bersama keluarga dan kerabat
terdekat. Selain bisa menikmati kuliner serba nikmat dalam satu tempat, pengunjung juga bisa melakukan
aktivitas seru bersama komunitas. Seluruh fasilitas di GO-FOOD Festival dapat dimanfaatkan komunitas
secara gratis.”
Komunitas yang ingin membuat acara di GO-FOOD Festival caranya mudah, cukup mendaftarkan data
lengkap komunitas melalui bit.ly/GFFforCommunity dan akan dikonfirmasi lebih lanjut oleh tim GO-FOOD
Festival.
Chief Operations Officer Komunitas Medanvidgram, Rama Andhika Prasetya menuturkan, “Sekarang,
kami nggak bingung lagi kalau mau buat acara kumpul komunitas, apalagi kalau butuh tempat yang cukup
luas karena jumlah anggota yang cukup banyak. Semuanya sudah disediakan oleh GO-FOOD Festival,
bahkan kami sudah daftar untuk kegiatan yang berikutnya disini. Makanannya pun beragam dan semua
sudah tersedia di satu tempat. Jadi, sangat nyaman bisa bikin acara disini.”
Untuk menyambut pengunjung GO-FOOD Festival, GO-FOOD Festival Centre Point Mall akan menawarkan
promo gratis ongkir hingga 4 km serta cashback sampai dengan 50% khusus untuk pengguna baru GO-PAY,
dan cashback sampai dengan 30% untuk pelanggan setia sampai 31 Juli 2019. Tidak ketinggalan, saat grand
opening tanggal 20 Juli 2019 nanti akan ada penawaran spesial cashback sampai dengan 50% untuk semua
pengunjung yang hadir serta aktivitas dan hiburan menarik diantaranya, kids karaoke competition, icip-icip
makan gratis, community open house, pertunjukan stand up comedy dari siLolox dan penampilan musik dari
Juicy Luicy.
Pemilik Merchant GO-FOOD Festival Kepiting Geger Medan, Jefri Kelana mengapresiasi upaya yang
dilakukan GO-FOOD Festival untuk meningkatkan bisnis merchant. Oki mengatakan, “Setelah lebih dari satu
minggu membuka gerai disini kami merasakan adanya peningkatan yang cukup signifikan. Kami senang
dengan program-program promosi, banyak pengunjung yang mencoba produk yang kami tawarkan. Ini
membuat kita jadi lebih semangat berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk pelanggan setia.”
Hadir pula meresmikan gelaran GO-FOOD Festival hari ini, Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan H.
Dammikrot, S.Sos., M.Si yang mewakili Walikota Medan mengapresiasi upaya GO-FOOD Festival dalam
meningkatkan skala bisnis merchant. “GOJEK merupakan salah satu karya anak bangsa yang telah
membantu memberdayakan masyarakat dan terbukti mampu menjadi salah satu solusi dalam mengangkat
ekonomi Indonesia. Apalagi, dengan potensi kuliner yang dimiliki Kota Medan, kami percaya kemudahan yang
diberikan teknologi GOJEK perlahan akan mengangkat kesejahteraan masyarakat melalui inovasi yang terus
dihadirkan.”
Melihat antusiasme masyarakat dan mitra merchant, Teuku melanjutkan, GO-FOOD Festival berupaya untuk
terus mendorong pertumbuhan mitra merchant untuk bisa naik kelas melalui inovasi teknologi dari GOJEK.
“Kepercayaan masyarakat juga memotivasi kami dapat terus memperkukuh posisi menjadi platform andalan
untuk layanan online food delivery bagi seluruh mitra merchant kami,” tutup Teuku.