San Fransisco Jadi Kota Pertama AS Larang Rokok Elektrik

28 June 2019 1278 Viewed

San Francisco akan menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang secara efektif melarang penjualan vape atau rokok elektrik. Keputusan diambil setelah dewan pengawas melakukan pemungutan suara untuk meloloskan peraturan melarang penjualan rokok elektrik di kota itu.

"Tidak ada orang yang akan menjual atau mendistribusikan rokok elektrik kepada orang lain di San Francisco," bunyi peraturan itu.

Rokok jenis ini hanya boleh dijual jika produk tersebut sudah melalui peninjauan pasar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Hingga saat ini, belum ada satu pun produk vape yang sudah mendapatkan izin edar dari FDA untuk dijual bebas di wilayah AS. 

Meski belum mendapatkan izin dari FDA, produk tersebut masih dibiarkan beredar luas di AS tanpa tindakan tegas. Dampaknya, anak-anak di bawah umur dapat mengonsumsi vape secara bebas. 

"Rokok elektrik adalah produk yang secara hukum, tidak diizinkan di pasar tanpa tinjauan FDA. Untuk beberapa alasan, FDA sejauh ini menolak untuk mengikuti hukum. Sekarang, vaping pada pemuda sudah jadi epidemi. Jika pemerintah federal tidak akan bertindak untuk melindungi anak-anak kita, San Francisco akan melakukannya," kata pengacara kota San Francisco, Dennis Herrera, dikutip dari CNN.

Pelarangan penjualan rokok elektrik ini meliputi perdagangan di toko-toko dan penjualan daring yang dikirim ke alamat San Francisco. Peraturan ini juga berlaku untuk produk tembakau beraroma selain vape. Sementara itu, penggunaan rokok tersebut untuk orang berusia di atas 21 tahun tidak dilarang.

Jika peraturan ini lolos dalam pemungutan suara final, maka peraturan itu akan ditetapkan oleh Wali Kota San Francisco. Kebijakan itu efektif setelah 30 hari ditandatangani dan akan diterapkan enam bulan kemudian.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190625132309-284-406211/san-fransisco-jadi-kota-pertama-as-larang-rokok-elektrik

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238