City Friends, Taman Dilan di Bandung Mulai Dibangun

25 February 2019 948 Viewed

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi meletakkan batu pertama pembangunan Taman Dilan di Bandung pada hari ini, Minggu (24/2).

Peletakan batu pertama ini didampingi oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama dua bintang utama film Dilan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Dalam kesempatan tersebut, pria yang kerap disapa Kang Emil ini menyampaikan bahwa pembangunan taman tersebut direncanakan rampung pada akhir tahun 2019.

"Taman Sudut Dilan di Gor Saparua ini untuk ajang interaksi dan literasi anak muda. Sebagai tempat literasi karena dari novelnya orang mau menulis dan mau membaca. Selain itu tempat ini juga bakal menjadi refleksi dari sastra dan film karena Dilan dari novel kemudian dikembangkan menjadi film," kata Emil.


Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung penuh pembangunan taman ini. Dia mengatakan, hal ini akan meningkatkan jumlah pengunjung dan juga wisatawan ke Bandung.

"Akhirnya datang ke Dilan Corner. Film itu pengaruhnya luar biasa ke pariwisata. Pengunjung Angkor Wat lima kali lipat setelah Tomb Rider, kemudian Bali sukses dengan Eat Pray Love, yang jelas kami dukung habis-habisan untuk ini."

Momen peletakan batu pertama di Taman Sudut Dilan ini bertepatan dengan perayaan Hari Dilan atau penayangan perdana sekuel film yang diadaptasi dari novel berjudul Dilan Bagian Kedua: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 karya Pidi Baiq.

Sementara, rencana pembangunan Taman Dilan ini sebelumnya telah diutarakan Emil beberapa pekan lalu di rumah dinasnya di Bandung. Kala itu, Emil mengatakan bahwa pembangunan tersebut dilakukan karena dampak serta besarnya pengaruh tokoh Dilan bagi kota Bandung.

Oleh karenanya, ia mengatakan pembangunan taman sudut ini menjadi dedikasi pada sebuah cerita yang sudah membuat Bandung semakin disorot. Selain itu, dia berharap dengan adanya Taman Sudut Dilan kelak dapat menjadi tambahan wisata baru di Bandung dan menambah panjang daftar taman-taman kota yang ada di Bandung. 

Taman yang bakal bertempat di kawasan Gor Saparua Bandung itu akan berisikan mural, foto, serta kalimat-kalimat ikonis dari kisah Dilan yang ditulis Pidi Baiq. Nantinya, kata Emil, akan ada sekilas sejarah film Dilan yang ditampilkan secara unik.

Sekuel film ini sendiri bakal menceritakan tentang kelanjutan kisah asmara antara Dilan (diperankan Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla).

Selain Iqbaal dan Vanesha yang kembali berperan sebagai sepasang remaja usia SMA, Dilan dan Milea, film ini masih akan dibintangi oleh Happy Salma, Ira Wibowo, Farhan, Giulio Parengkuan, Zara 'JKT48', serta Yoriko Angeline. 

Peletakan batu pertama Taman DIlan di BandungFoto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri
Peletakan batu pertama Taman DIlan di Bandung


Kehadiran wajah baru pun bakal meramaikan Dilan 1991, seperti Bucek Depp yang akan muncul sebagai ayah Dilan dan Maudy Koesnaedy sebagai Tante Anis.
Dilan 1991 dijadwalkan tayang untuk umum pada 28 Februari 2019 mendatang. 


Sumber : https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20190224094555-220-372151/taman-dilan-di-bandung-mulai-dibangun

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238