Penguasaan Saham Obligasi 38 persen Oleh Asing Masih Belum Menghawatirkan.

10 December 2014 1035 Viewed

Penguasaan dana asing untuk surat hutang negara atau obligasi sekitar 38 persen dinilai belum terlalu menghawatirkan. Sebab masih banyak negara yang saham obligasinya diatas Indonesia seperti Malaysia, Amerika Serikat serta Itali dan lainnya.

Perwakilan Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia Jakarta, Rahmatullah saat edukasi Wartawan Ekonomi Bisnis di Parapat siang tadi mengatakan saat ini saham obligasi indonesia sekitar 1000 triliun dan 38 persen diantaranya dikuasai oleh dana asing. Angka ini dinilai masih wajar apalagi dana asing untuk saham obligasi yang ditanam di Indonesia sebagian besar dana jangka pangjang. Meskipun begitu, menurut Rahmatullah dana dalam negeri harus terus digenjot sehingga perekonomian Indonesia tetap stabil seandainya dana asing tersebut ditarik.

Ramhatullah juga mengatakan wacana pemerintah daerah yang akan menerbitkan obligasi daerah juga dinilai penting. Meskipun saat ini belum ada daerah yang melakukannya. Namun untuk menunjang permodalan dalam membangun infrastruktur dan pembangunan lainnya, wacana ini dinilai layak untuk direalisasikan.  

Lebih lanjut Rahmatullah menambahkan dalam menerbitkan obligasi daerah, rating dan fiscal daerah harus diperhatikan serta kesiapan SDM demi menunjang kebijakan ini.

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238