Pemko Medan Akan Kembalikan Masyarakat Pendatang Ke Daerahnya Masing Masing

05 August 2014 726 Viewed

City Radio - Masyarakat yang melakukan urbanisasi atau perpindahan ke wilayah perkotaan khususnya kota Medan akan dikembalikan ke daerahnya masing masing jika tidak memiliki keahlian atau skill. Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah pengangguran di kota medan sekaligus menekan angka kriminalitas.

Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan pihaknya akan mengingatkan camat, lurah dan kepala lingkungan untuk mendata setiap masyarakat pendatang yang menetap di kota medan. Sebelum mengembalikan masyarakat pendatang, pihakny akan terlebih dahulu memberikan pelatihan serta membuka lapangan pekerjaan baru, namun jika masyarakat tersebut tidak memiliki keahlian maka harus dipulangkan.

Sementara itu, pengamat sosial universitas Sumatera Utara, Agus Suryadi mengatakan setiap tahun, jumlah penduduk di kota medan meningkat sekitar 5 persen akibat adanya urbanisasi. Hal ini harus diantisipasi oleh pemerintah daerah terutama yang berada dipinggir kota medan agar masyarakatnya tidak pindah ke kota Medan.

Lebih lanjut, kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, Muslim harahap mengatakan diperkirakan tahun ini ada penambahan sekitar seribuan penduduk pendatang yang kebanyakan menetap didaerah industri seperti medan Deli, Medan Denai dan lainnya.(Tri Kurniawan/Medan)

TAGS: #urbanisasi

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238