Pelaksanaan Revitalisasi Pasar Tradisional Belum Jelas

27 June 2014 1182 Viewed

City Radio - Revitalisasi pasar tradisional di Kota Medan yakni Pasar Marelan, Belawan dan Pasar Kampung Lalang hingga saat ini belum juga dapat dilakukan. Padahal program revitalisasi pasar tersebut sudah mulai ditahun 2013 dengan dana pinjaman lunak dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) ke Pemerintah Kota (Pemko) Medan sebesar Rp 77 miliar.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman kota Medan, Gunawan Lubis mengatakan pelaksanaan revitalisasi pasar tradisional khususnya pasar Belawan dan Kampung Lalang belum dapat dilakukan karena terkendala lahan tempat penampungan sementara untuk pedagang. Setelah menemukan lahan relokasi pedagang untuk pasar belawan dan kampong lalang, maka pihaknya akan melakukan pelelangan. Menurut Gunawan, untuk relokasi sementara pedagang, kemungkinan pihaknya akan menyewa lahan di Jalan Gaperta dan jalan jawa medan.

Sementara itu, Direktur PD Pasar kota Medan, Benny Sihotang mengatakan pihaknya hanya bisa menunggu revitalisasi pasar traditional sebab tekhnis pelaksanannya diserahkan ke dinas perumahan dan permukiman. Sementara pihaknya hanya dapat menunggu untuk pengoperasian dan pengelolaannya setelah direvitalisasi.

Seperti yang diketahui, saat ini banyak kondisi pasar traditional yang kumuh, salah satunya adalah pasar petisah medan. (Tri Kurniawan/Medan)

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238