City Radio - Jumlah pengaduan masyarakat yang diterima oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga triwulan I 2014 sebanyak 112 pengaduan. Pengaduan itu sendiri, didominasi terkait dengan kartu kredit.
Kepala OJK 5, Achmad Fauzi mengatakan, tingkat pengaduan masyarakat yang masuk ke OJK terbilang cukup banyak. Dimana untuk jumlah secara nasional saja, angkanya mencapai 1.903 laporan. Pengaduan itu sendiri akan di proses untuk diselesaikan. untuk di wilayah Sumatera, bahwa sebanyak 112 pengaduan tersebut menyangkut bank umum, sementara jumlah pengaduan untuk industri keuangan selain bank (IKNB) sebanyak 39 pengaduan. Sementara itu, khusus di wilayah Sumatera Utara, jumlah pengaduan masyarakat terkait bank umum sebanyak 34, dari jumlah tersebut sekitar 5 pengaduan sudah diselesaikan. Sedangkan untuk industri keuangan selain bank, pengaduan terkait hal itu sebanyak 17 pengaduan.
Meski angka pengaduan masyarakat terbilang banyak' namun hal itu menurut Fauzi bukan menandakan bahwa tingkat kekecawaan konsumen tinggi terhadap lembaga keuangan. Namun bisa jadi tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan pengaduan sudah mulai tumbuh. (Tri Kurniawan/Medan)