Musim Hujan Tiba, Begini 6 Cara Mencegah Anak Jatuh Sakit

18 November 2019 80 Viewed

Musim hujan telah tiba dan berbagai penyakit pun mulai mengintai kesehatan anak-anak.

Sebagai orangtua yang siaga, Mama pun perlu mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan oleh keluarga termasuk anak-anak agar tidak jatuh sakit selama musim hujan berlangsung. 

Daya tahan tubuh anak perlu menjadi prioritas utama agar terhindar dari berbagai risiko penyakit apalagi dengan penyebaran virus serta bakteri di lingkungan sekitar.

Demi menjaga kesehatan si Kecil dari berbagai penyakit yang seringkali muncul di musim hujan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Pilih makanan yang bernutrisi tinggi 

Pixabay/RitaE

Makanan menjadi salah satu yang perlu diperhatikan oleh Mama untuk kesehatan si Kecil agar terhindar dari berbagai penyakit selama musim hujan. Berikanlah makanan hangat yang berkuat, sehingga mampu menghangatkan tubuhnya saat hujan turun. 

Berdiskusilah untuk mencari tahu makanan apa yang sedang diinginkan oleh si Kecil saat musim hujan. Berikan pilihan dengan beberapa jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat udara dingin seperti sup ayam, bakso, soto atau tongseng. 

Selain itu, makanan bernutrisi lainnya yang bisa diberikan oleh anak-anak demi menjaga ketahanan tubuh dalam melawan penyakit yaitu yoghurt karena memiliki kandungan probiotik serta bakteri baik, daging sapi dan unggas, jamur, buah, sayuran bervitamin tinggi atau salmon dengan omega 3. 

Dengan pilihan makanan yang tepat serta bernutrisi tinggi, maka setidaknya dapat mencegah infeksi virus dan bakteri. 

2. Memperbanyak air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh 

Pixabay/congerdesign

Udara dingin terkadang memberikan rasa nyaman, sehingga membuat si Kecil tidak mudah merasa haus dan jarang sekali minum air putih. Udara dingin memang membuat tubuh menjadi sedikit mengeluarkan keringat, sehingga menganggap tubuh terkesan masih bugar.

Padahal kebutuhan air putih selama musim hujan juga masih sangat diperlukan oleh tubuh. Selain itu, tubuh tetap masih membutuhkan air untuk menjaga temperatur, membuang sisa metabolisme tubuh serta melumaskan sendi agar dapat terus bekerja dengan optimal. 

Kekurangan minum saat musim hujan hanya akan membuat daya tahan tubuh semakin menurun. Maka dari itu, minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh sangat penting agar tidak sampai mengalami dehidrasi.  

3. Menerapkan pola hidup sehat dengan mengutamakan kebersihan 

Pixabay/stevepb

Demi menghindari anak-anak jatuh sakit, Mama pun harus menjaga kebersihan lingkungan rumah. Hal yang paling utama yakni mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat. 

Dengan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar rumah, setidaknya tidak ada sarang untuk nyamuk berkembang biak serta meningkatkan potensi keluarga terkena demam berdarah. 

Selain itu, perlu juga untuk rutin membersihkan kamar mandi dan ventilasi udara karena dapat membantu lingkungan rumah menjadi bersih serta terhindar dari bakteri serta virus berkembang biak. 

4. Pastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup

Pixabay/indrairawan

Menjaga kesehatan anak-anak di musim hujan memang perlu dilakukan cukup ekstra. Usahakan tetap menjaga daya tahan tubuh si Kecil tetap optimal agar tidak mudah terserang penyakit. 

Apalagi musim hujan identik datang membawa penyakit apalagi yang paling umum dialami kebanyakan orang adalah demam berdarah, batuk dan influenza. Sebelum si Kecil jatuh sakit, maka pastikan kalau dirinya memiliki waktu istirahat yang cukup termasuk untuk tidur siang dan malam. 

Ingatkanlah jika dirinya tidak ingin tidur siang atau bahkan ketika tidur terlalu larut malam.

Berikan arahan baik-baik dengan mengingatkan bahwa waktu istirahat harus dipergunakan dengan baik untuk menjaga kekebalan tubuhnya di musim hujan agar tidak mudah sakit. 

5. Menaikan suhu ruangan agar kondisinya bisa tetap hangat

Freepik/Shayne_ch13

Saat cuaca dingin dan kurang bersahabat untuk tubuh si Kecil, maka Mama bisa menghangatkannya dengan menaikkan suhu ruangan. 

Suhu aman AC di kamar anak yaitu sekitar 25-26˚C. Bila memungkinkan, sesekali AC perlu dimatikan sejenak agar si Kecil tidak merasa kedinginan apalagi ketika hujan sedang turun. 

Selain itu, untuk menghangatkan tubuhnya  bisa juga menggunakan lampu 40-60 watt. Lampu akan membantu untuk menghangatkan tubuhnya di cuaca yang cukup dingin. 

6. Menyiapkan pakaian yang tepat selama musim hujan

Pixabay/JillWellington

Siasat lain yang perlu dilakukan orangtua selama musim hujan agar si Kecil tidak mudah sakit yaitu perlu sekali menyiapkan pakaian yang tepat. 

Untuk semakin membuat Mama yakin agar si Kecil tidak kedinginan, cobalah memakaikan pakaian yang berlapis. Jika tidak ingin terlalu banyak pakaian yang dipakai, gunakan pakaian yang memang benar-benar membuat dirinya merasa nyaman dan hangat. 

Jika kaki si Kecil terasa dingin, cobalah untuk mengenakan kaus kaki untuknya. Walau sepele, kaus kaki dapat membuatnya lebih terasa hangat. 

Lalu ketika pergi keluar pastikan siapkan payung atau jas hujan agar dirinya terhindar dari berbagai penyakit. 

Itulah beberapa yang perlu diperhatikan agar si Kecil tidak mudah sakit saat musim hujan.

Source: popmama.com

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238