Malas Mandi? Kenali 5 Dampak Bahayanya dari Jarang Mandi

25 November 2019 42 Viewed

Siapa nih yang disini suka malas mandi? Jarang mandi ternyata masih sering dilakukan banyak orang lho! Biasanya orang suka malas mandi karena cuaca yang sedang dingin, tubuh sudah lelah, atau alasan-alasan lainnya.

Apalagi ketika tiba hari libur, karena sedikit melakukan aktivitas membuat orang menjadi lebih malas untuk membersihkan diri.

Padahal seharusnya mandi dilakukan lebih baik dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Selain dilakukan untuk menjaga kebersihan, mandi juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dalam tubuh. Jarang mandi ternyata memiliki dampak yang bahaya bagi tubuh.

Kali ini Popmama.com akan membahas 5 dampak bahaya bagi tubuh akibat jarang mandi yang perlu kamu ketahui!

1. Jarang mandi menyebabkan keriput dan penuaan dini pada kulit wajah dan tubuh

Freepik/Wavebreakmedia

Kulit manusia membutuhkan air untuk membuat tubuh menjadi lembab dan cerah. Sehingga, kalau mandi hanya dilakukan sehari sekali dapat menyebabkan risiko keriput pada kulit wajah dan tubuh lebih mudah keriput dan penuaan dini.

Penuaan dini akan menyebabkan kamu terlihat lebih tua diusia yang masih muda. Karena itu, mandi hanya 1x dalam sehari akan merugikan diri sendiri. Jika tidak mau penuaan dini ketika masih muda, lebih baik untuk melawan rasa malas, sehingga kamu akan jauh dari keriput.

2. Timbulnya permasalahan atau penyakit kulit seperti kurap, jamur, dan panu

Freepik

Mandi hanya 1x sehari, menimbun debu dan kuman yang menempel pada kulit sehingga tubuh akan lebih jorok. Walaupun tidak melakukan aktivitas diluar rumah, namun kita tidak bisa menghindari kuman-kuman yang ada di sekitar, contoh nya pada tempat tidur, bantal, sofa, dan lain-lain.

Menimbun kotoran dan kuman di kulit, dapat menimbulkan rasa gatal jika sering menunda atau malas mandi. Rasa gatal itu akan menyebabkan infeksi pada kulit. Kalau dibiasakan jarang mandi, lama kelamaan, timbul masalah kulit seperti kurap, jamur, dan panu.

Terlebih lagi, jika kamu jarang mengganti sprei dan sarung bantal. Sehingga kotoran akan menempel pada tempat tidur dan bantal, hal ini dapat membuat kotoran mudah masuk ke kulit.

3. Jarang mandi menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lemas dan gerah

Freepik/Tirachardz

Ketika kamu memutuskan untuk tidak mandi saat hari libur, mungkin kamu tidak sadar bahwa tubuh lebih mudah lemas. Hal ini akan menyebabkan kamu makin malas untuk melakukan sesuatu dan memilih untuk berbaring di tempat tidur saja.

Ternyata, jarang mandi membuat tubuh lebih mudah lemas. Karena debu dan kotoran yang banyak menempel di tubuh. Selain merasakan gatal, kamu juga merasakan tubuh yang menjadi lebih gerah, sehingga membuat semangat kamu dalam melakukan aktivitas akan lebih terganggu.

4. Meningkatkan suhu tubuh dan rentan terkena penyakit demam atau flu

Freepik

Saat pagi hari cuaca lebih sejuk, biasanya akan membuat orang menjadi lebih malas untuk mandi. Namun, tidak mandi pada pagi hari dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga kamu dapat merasakan lebih gerah ketika di siang hari.

Suhu tubuh yang meningkat menyebabkan tubuh lebih rentan untuk terserang demam dan flu. Jika sudah kena demam atau flu, tentunya akan membuat tubuh lemas dan harus banyak istirahat. Tetapi, jika kamu mandi 2x pada pagi dan sore hari, dapat menangkal dan menjaga suhu tubuh agar tidak mudah naik dan tidak mudah sakit.

5. Kotoran dan debu yang menempel dapat membuat insomnia atau sulit tidur

Freepik/Jofreepik

Jika kamu suka sulit tidur atau insomnia, ternyata bisa disebabkan karena jarang mandi atau mandi hanya 1x dalam sehari. Karena, dengan hanya mandi sekali, tidak dapat membersihkan debu dan kotoran pada tubuh secara menyeluruh.

Debu dan kotoran yang menumpuk, menyebabkan tubuh menjadi gerah, gatal, dan memberikan efek yang tidak nyaman saat tidur.

Nah tadi, merupakan dampak bahayanya dari jarang mandi. Kini jangan malas mandi ya agar tidak terkena dampaknya!

Sumber: Popmama.com

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238