Jangan Diabaikan, 5 Tanda Serius Kamu Membutuhkan Perawatan Mental

26 November 2019 33 Viewed

Kesehatan mental menjadi masalah serius yang sering diabaikan oleh banyak orang. Memang seseorang yang memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya tidak selalu terlihat sakit, beberapa dari mereka bahkan terlihat sangat sehat. Suka bersosialisasi, tertawa, dan memiliki kehidupan yang normal layaknya orang di sekitar dia.

Seperti yang dilansir dari apibhs.com, selain sering diabaikan, banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa dirinya punya masalah serius dengan kesehatan mental dan membutuhkan perawatan. Apa kamu salah satunya? Yuk, cari tahu lewat tanda-tanda di bawah ini!

1. Kamu mengalami gangguan kecemasan


Kita semua pasti pernah merasa cemas. Cemas karena sebuah masalah, atau bisa juga cemas karena seseorang yang dekat dengan kita mengalami musibah. Bagaimana pun itu adalah sesuatu yang wajar kita rasakan.

Yang tidak wajar adalah ketika kamu terus-menerus merasa cemas berlebihan tanpa alasan yang jelas. Bahkan ketika kamu sudah mencoba berbagai metode seperti yoga dan masih merasa cemas, mungkin sudah saatnya kamu menjalani perawatan mental.

2. Kamu tidak bisa melepaskan trauma masa lalu


Setiap orang, termasuk kamu pasti pernah mengalami kejadian yang kurang mengenakkan. Saat itu terjadi, otak melepaskan hormon stres dan membuat tubuh jadi lebih siaga. Namun setelah kejadian buruk berlalu dan keadaan mulai stabil, perlahan tubuh kita akan kembali tenang.

Sayangnya tidak semua orang begitu. Beberapa orang membutuhkan waktu lama untuk pulih karena otak mereka terus mengulang kejadian yang sama berkali-kali dan membuat mereka merasa cemas dan dihantui mimpi buruk.

Jika kamu mengalami ini, bisa jadi kamu menderita gangguan stres pasca-trauma dan untuk itu kamu membutuhkan bantuan tenaga ahli untuk menyembuhkannya.

3. Kamu menggunakan alkohol atau obat-obatan untuk mengatasi rasa sakit


Alkohol atau mungkin obat-obatan terlarang sering kali menjadi pelarian banyak orang ketika mereka mengalami sebuah masalah. Padahal, obat-obatan sampai alkohol justru akan memicu masalah lain seperti kecanduan. Nah daripada kamu minum setiap kali ada masalah, akan lebih baik jika kamu mengikuti psikoterapi untuk mengembalikan kesehatan mentalmu.

4. Perasaan kamu berubah dengan cepat


Suasana hati nyatanya menggambarkan kesehatan mental kamu. Mereka yang punya mental yang sehat memiliki emosi yang stabil. Namun kalau suasana hati kamu terus berubah secara cepat, bisa jadi itu karena mental kamu sedang tidak sehat.

Selain perasaan yang berubah-ubah dengan cepat, tidak jarang orang yang mengalami depresi juga selalu merasa sedih bahkan putus asa. Memang yang namanya manusia pasti merasa sedih, tapi jika perasaan sedih dan putus asa ini masih bertahan dalam waktu lama, maka sudah saatnya kamu membuat jadwal untuk melakukan psikoterapi.

5. Kamu dengan serius mempertimbangkan untuk mengakhiri hidup

Saat seseorang mengalami masalah yang serius, tidak jarang mereka berpikir untuk mengakhiri hidupnya. Namun kebanyakan orang akan langsung membuang pikiran tersebut jauh-jauh dan menganggapnya sebagai sesuatu yang bodoh.

Tapi kalau kamu tidak menganggap itu gagasan tersebut sebagai sesuatu yang bodoh bahkan mempertimbangkan dengan serius gagasan mengerikan tersebut, jelas kamu membutuhkan pertolongan seorang ahli sesegera mungkin. Gagasan mengakhiri hidup bisa sangat berbahaya, bahkan jika kamu tidak benar-benar ingin pergi.

Banyak orang berpikir, perawatan mental identik dengan gangguan jiwa. Pada dasarnya, psikoterapi bukan hanya menangani orang dengan gangguan jiwa tapi juga masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, atau depresi.


Sumber: idntimes.com


TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238