Deretan Masalah yang Menjelaskan Ketidaksiapan Filipina Sebagai Tuan Rumah SEA Games 2019

27 November 2019 66 Viewed

Deretan masalah nampaknya sudah cukup menjelaskan ketidaksiapan sebagai tuan rumah penyelenggara SEA Games 2019.

Semarak gelaran SEA Games 2019 di Filipina telah menyeruak. Negara-negara Asia Tenggara mengirimkan para atlet terbaiknya, bertanding di berbagai cabang olahraga, dan mengumpulkan medali sebanyak mungkin.

Walau belum resmi dibuka lewat Opening Ceremony, SEA Games 2019 telah memainkan sejumlah cabang olahraga. Misalnya saja sepak bola, yang mana Timnas Indonesia U-23 bertemu Thailand dalam laga perdana Grup B, Selasa (26/11/19) sore.

Sayangnya, perhelatan SEA Games 2019 belakangan banyak diterpa kabar miring. Sejumlah fasilitas yang disediakan Filipina selaku tuan rumah penyelenggara dikabarkan bermasalah.

Filipina terkesan kurang siap menjalankan tugasnya dengan baik sebagai tuan rumah SEA Games 2019. Kritik terus berdatangan, dan publik berharap agar Filipina bisa memperbaiki pelayanannya.

Lalu, apa saja deretan masalah yang menjelaskan ketidaksiapan Filipina sebagai tuan rumah SEA Games 2019? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Toilet Tanpa Sekat

Toilet wanita tanpa sekat menjadi pemandangan di salah satu venue SEA Games 2019, Stadion Rizal Memorial Filipina. Hal ini diungkapkan oleh salah satu jurnalis ternama tuan rumah, Angel Movido.

Angel Movido, seorang jurnalis untuk ABS-CBN News, melalui akun resmi Twitter-nya pada hari Senin (25/11/19) kemarin merilis video yang memperlihatkan kondisi toilet khusus wanita di Stadion Rizal Memorial tanpa sekat.

“Lihatlah, ruang khusus wanita yang baru saja direnovasi di Stadion Rizal memiliki dua toilet dalam satu kubikel,” tulis Movido.

LOOK: Newly renovated women's comfort room at the Rizal Stadium have two toilets in one cubicle

Embedded video
221 people are talking about this

Koper di Pinggir Lapangan

Timnas sepak bola Brunei Darussalam terpaksa menjalani laga pembuka melawan Vietnam di ajang SEA Games 2019 dengan menenteng koper ke pinggir lapangan.

Brunei Darussalam U-23 menjalani laga pembuka Grup B cabor sepak bola SEA Games 2019 dengan menghadapi Vietnam di Binan Football Stadium, Laguna Filipina, Senin (25/11/19) kemarin.

Sepanjang pertandingan tersebut, sebuah pemandangan miris terlihat di tepi lapangan. Dilansir dari unggahan akun Instagram Asean Futbol, terdapat sejumlah koper milik para pemain timnas Brunei berjejer dan tergeletak di pinggir lapangan.

Besar kemungkinan hal ini terjadi lantaran ruang ganti pemain di stadion masih belum selesai direnovasi. Kabar yang beredar, ruang ganti stadion masih berantakan, kabel-kabel terjuntai di lantai, dan yang lebih parah lagi lemari pakaian sudah tak layak digunakan.

Fasilitas Ruang Media

Fasilitas ruang media di salah satu venue SEA Games 2019, Stadion Rizal Memorial, Filipina, memiliki masalah yang membuat geleng-geleng kepala. Khususnya pada bangunan ruang media, yang hingga kini belum selesai direnovasi dan fasilitasnya juga kurang memadahi.

Tembok sekeliling ruang media tidak ditambahkan cat. Tempat duduk yang disediakan untuk para jurnalis juga hanya memakai kursi plastik saja.

Suasana ruangannya pun terkesan kotor dan berdebu. Terlihat pula tumpukan kursi di sudut ruangan yang membuat kesan ruangan media semakin tidak rapi.


Sumber: indosport.com

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238