Bosan Macet-Macetan, Buruh Bengkel Ini Bikin Helikopter Sendiri

06 November 2019 27 Viewed

Sering ngeliat kemacetan di ruas Jalan Raya Bogor – Sukabumi bikin buruh bengkel yang satu ini gregetan. Nggak cuma itu, buruh bengkel ini juga berupaya nyiptain solusi buat kejengkelannya itu.

Yap. Jujun Junaedi (42) bikin Helikopter sendiri yang kemudian diberi nama Gardes JN  77 GM.

Udah setahun ini, Jujun keliatan sibuk banget ngerakit helikopter di halaman rumahnya, di Kampung Cibubuay, Desa Damareja, Kecamatan Nagrak.

Sampai saat ini, progress perakitan helikopter Gardes JN 77 GM lagi dalam tahap penyelesaian baling-baling utama.

Rencananya, akhir 2019 atau awal 2020 ini helikopter yang diberi nama Gardes JN 77 GM itu bakal uji terbang.

"Insya Allah saya inginnya pada akhir tahun atau awal tahun 2020 bisa melakukan uji terbang," ungkap Jujun, seperti dilansir kompas.com, Minggu (3/11/2019).

Untuk mesin, helikopter kreasi Jujun ini pake mesin penggerak generator set (genset) berkapasitas besar 24 PK, 700 cc, dan dua silinder berbahan bakar premium.

Jujun menuturkan, pembuatan helikopter ini sudah berlangsung sejak Agustus 2018, dan dilakukan tiap hari Minggu, pas dia lagi libur kerja.

Pembuatan helikopter ini dilakukan oleh Jujun seorang diri, dengan dibantu putra pertama dan kerabatnya.

Helikopter dengan rangka berbahan besi itu sampai saat ini sudah menghabiskan biaya produksi sebesar 30 juta rupiah.

"Makanya, proses pembuatan helikopter ini lama karena untuk membeli barang yang dibutuhkan harus menunggu waktu, perlu menyisihkan. Karena kan saya tidak mau mengganggu uang dapur," tutur lulusan STM (SMK) Siliwangi 1996, yang saat duduk di bangku SMK itu pernah mendapatkan beasiswa itu.

Jujun juga mengakui, inspirasinya bikin pesawat terbang berawal dari kemacetan yang sering dia liat di depan tempat dia kerja, yakni Jalan Raya Bogor – Sukabumi.

Dia ngeliat adanya peluang besar bikin solusi kendaraan udara karena jalur udara masih bisa dibilang lowong.

Kemudian, Jujun bikin riset kecil-kecilan dengan berbekal pengalaman di bangku SMK dan pengalaman kerja di bengkel alat berat.

Dalam proses pembuatan helikopter ini, Jujun belum pernah berkonsultasi langsung dengan para ahli pembuatan pesawat terbang. Sebab, Jujun nggak tau prosedurnya.

Dia juga bahkan belum pernah ngeliat bentuk helikopter dari dekat, karena nggak punya akses ke sana.

Oleh karena itu, Jujun berharap bakal ada ahli pesawat terbang yang bisa memberikan masukan buat penyempurnaan pembuatan helikopter miliknya, meskipun prosesnya nyaris selesai.

"Saya terbuka bila ada ahli teknik penerbangan yang mau membantu penyempurnaan pembuatan helikopter ini karena saya belum pernah menumpang helikopter," pungkas Jujun.

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238