6 Tips Membuat Undangan Pernikahan yang Lagi Viral, Bak Potongan Novel

14 November 2019 61 Viewed

Belakangan ini, sebuah undangan unik nan romantis viral setelah dipopulerkan oleh akun Twitter @dewahoya. Penyebabnya karena desain undangan tersebut, mirip dengan sobekan halaman novel dan bertuliskan kisah romantis antara sesama calon pasangan pengantin. Mau menirunya juga? Simak langkah-langkah membuat undangan pernikahan unik ala Heru dan Vira berikut ini!

1. Bikin konsep cerita dari dua sisi, yaitu dari sisi calon pengantin laki-laki dan perempuan

twitter.com/dewahoya

Dalam konsep tersebut, kamu bisa menceritakan bagaimana kalian bertemu. Tentunya, dengan jalan cerita yang membentuk suatu kronologi. Dari awal mula bertemu, lantas bagaimana kalian meresmikan hubungan hingga akhirnya akan menikah di tanggal yang ditentukan. Tapi, pastikan panjangnya tidak lebih dari dua halaman bolak-balik ya!

2. Cetak cerita tersebut ke dalam selembar kertas yang lebih tebal. Pastikan ukurannya sama dengan umumnya buku novel

Unsplash/Bank Phrom

Meskipun konsepnya seperti halaman novel, kamu perlu memastikan jika undanganmu ini tidak mudah robek sebelum hari H pernikahan. Karena itu, pilihlah kertas yang lebih tebal daripada HVS. Jika sudah, buatlah ukuran kertasmu sama dengan umumnya novel. Lalu, beri aksen sobekan di salah satu sisi.

3. Masukkan nama lengkap, tempat, tanggal, dan informasi acara dalam cerita. Berilah penekanan khusus supaya informasi penting lebih jelas

twitter.com/dewahoya

Agar informasi penting soal tanggal, waktu, dan tempat pernikahan tidak tertimbun oleh kalimat lainnya, pastikan kamu memberi penekanan khusus. Misalnya, dengan mencetak tebal atau ukuran font yang lebih tinggi. Selain itu, penekanan bisa dilakukan dengan memisah informasi tersebut seperti undangan pada umumnya. Contohnya adalah

Tanggal : Sabtu, 7 November 2020

Waktu    : 11.00 - 13.00 WIB

Tempat : Balai Nugraha Bakti, Jakarta Selatan

4. Beri bunga sebagai penghias. Pilihan bunganya bisa disesuaikan dengan seleramu

twitter.com/dewahoya

Kamu tidak perlu menggunakan ukuran bunga yang besar. Setidaknya, cocok dengan ruang kosong di antara kertas undanganmu. Kamu bisa meletakkannya di sisi kiri atau kanan atas kertas. Biasanya, pada bagian inilah halaman buku sedikit kosong karena bersebelahan dengan judul. Tempelkan dengan lem bakar supaya awet dan gak mudah jatuh.

5. Buatlah barcode yang terhubung pada suatu blog atau website khusus pernikahan kalian

Pexels/Pixabay

Kembali pada poin pertama, akan ada dua konsep cerita yang kamu suguhkan pada undangan. Tapi, kamu tidak mungkin membagi lebih dari satu lembar undangan bukan? Solusinya, bagikan separuh undangan dengan cerita calon pengantin laki-laki dan separuh lagi yang versi perempuan.

Ketika tamu undangan menerimanya, mereka akan tergelitik membaca cerita secara utuh dari barcode tersebut. Oh, iya! Selain cerita yang lebih lengkap, kamu juga bisa menambahkan denah lokasi di situs atau blogmu. Jadi, meskipun undanganmu didominasi oleh teks, tamu yang bakal hadir tidak akan kehilangan info penting.

Untuk pembuatan barcode ini, tidak dikenakan biaya. Kamu bahkan bisa membuatnya dari ponsel Android. Bahkan, sudah banyak sekali tutorial membuat barcode yang bisa kamu dapat di internet.

6. Bungkus undanganmu dalam sebuah amplop polos. Jika kamu menghendaki ada nama dan tanggal pernikahan, boleh saja dicetak di depannya

Pexels/John-Mark Smith

Supaya terkesan lebih resmi dan rapi, jangan lupakan amplop ya! Kamu bisa membungkusnya dengan amplop polos berikatkan tali atau sealing wax. Untuk keterangan penerima undangan, bisa kamu tempel stiker label atau diberi stempel bertulis "Kepada:" dan ditulis tangan. Alternatif lainnya adalah mendesainnya dari percetakan.

Itulah langkah-langkah membuat undangan pernikahan unik yang sedang viral. Apakah kamu bakal mengikuti jejak Heru & Vira selanjutnya?

Source: idntimes.com

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238