4 Fitur Tersembunyi Android yang Memudahkan Pengguna

28 November 2019 35 Viewed


Pengguna Android sangat diuntungkan dengan adanya fitur-fitur yang disediakan sistem operasi tersebut. Pasalnya, sebagian ponsel Android telah disematkan berbagai fitur tersembunyi yang membuat para penggunanya merasakan kemudahan serta kepraktisan dalam memakainya.

Hanya saja, belum banyak pengguna yang tahu akan kehadiran sejumlah fitur tersembunyi ini. Perlu diingat pula jika fitur-fitur ini tidak dapat diterapkan di semua jenis Android. Merujuk situs CNNIndonesia.comberikut fitur tersembunyi yang umum terdapat di ponsel Android.

1.      Split screen

Salah satu fitur yang dapat mempermudah pengguna Android ialah split screen. Fitur ini bekerja untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan yang berdampingan dalam satu layar. Split screen sendiri sangat berguna ketika pengguna hendak menampilkan foto, mengoptimalkan jejaring sosial, atau kegiatan multitask lainnya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat mengetuk tombol ‘Overview’ yang kerap digunakan untuk memperlihatkan aplikasi yang tengah dibuka. Lalu, pengguna dapat menekan dan tahan pada logo aplikasi yang akan diakses dan pilih ‘open in split screen view’.

Pada ponsel Android lainnya, fitur ini telah disiapkan dengan logo khusus yang terletak di kanan atau kiri atas, biasanya berbentuk dua kotak bertumpuk. Pengguna hanya perlu klik logo tersebut untuk mengaktifkan split screen.

2.      Jaga privasi di ponsel saat dipinjam

Tak perlu ragu saat teman atau kerabat ingin meminjam ponsel Anda untuk mencari sesuatu di internet. Anda dapat meminjamkannya tanpa rasa khawatir bila sewaktu-waktu mereka membuka ‘rahasia’ yang tersimpan di ponsel.

Mengutip KimKomando, pengguna bisa mengaktifkan fitur bernama ‘Screen Pinning’ agar ponsel tetap terkunci ketika orang lain tengah menggunakan aplikasi tertentu. Untuk mengaktifkannya, buka ‘Pengaturan’, pilih ‘Keamanan & Privasi’, pilih opsi ‘Pengaturan lainnya’, lalu klik ‘Screen Pinning’. Ketika fitur diaktifkan, pastikan pengguna juga sudah mengaktifkan opsi kata sandi (password). Fitur pun berhasil aktif.

Selanjutnya, guna mengunci ponsel agar tetap terlindung saat peminjam membuka aplikasi tertentu, ketuk tombol ‘Overview’ untuk membuka seluruh aplikasi yang sedang berjalan. Seusai semua aplikasi aktif ditampilkan, pilih satu aplikasi yang akan ‘ditahan’ saat ponsel digunakan orang lain. Pilihlah aplikasi apa saja yang akan dikunci, tanda pin akan muncul di bagian bawah aplikasi yang sedang berjalan. Langkah akhir, pilih tanda pin pada aplikasi yang dimaksud.

Saat fitur aktif, orang yang menggunakan ponsel Anda hanya dapat membuka aplikasi yang telah ‘ditahan’. Bila peminjam mengetuk tombol ‘Home’, ponsel akan terkunci secara otomatis.

3.      Atur volume tiap jenis audio

Tidak hanya volume suara video dan musik, ponsel juga mengatur audio lainnya seperti nada dering, notifikasi, alarm, serta panggilan telepon. Jika mengikuti langkah klasik, Anda harus ‘pergi’ terlebih dulu ke menu ‘Settings’, pilih opsi ‘Sounds’, dan ketuk pilihan ‘Volume’ guna mengatur volume suara dari berbagai jenis audio yang berbeda.

Namun, Android menawarkan tips mudah untuk mengatur jenis audio di ponsel secara berbeda. Melansir Popular Science, pertama, ketuk tombol volume fisik yang umumnya terdapat di bagian samping ponsel untuk mengatur suara media. Jika tak ada media yang terbuka, aksi ini akan menyesuaikan volume nada dering. Ketika melakukannya, suatu kotak kecil akan muncul di layar dan menunjukkan pengaturan volume audio mana yang diubah. Ketuk panah kecil yang terdapat di samping kotak untuk memperbesar tampilan jenis audio yang berbeda dan pengguna dapat mengaturnya secara mudah.

4.      Kembalikan notifikasi yang hilang

Pengguna ponsel kerap dihadapkan dengan tidak sengaja menghapus notifikasi yang muncul karena mengganggu layar, padahal ingin melihanya terlebih dulu. Pengguna Android tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi karena terdapat cara untuk mengembalikan notifikasi yang sempat hilang.

Caranya, ketuk dan tahan pada bagian yang kosong di layar beranda, lalu pilih ‘Widget’ dan cari pilihan ‘Settings shortcut’. Setelah itu, pilih ‘Notification Log’ dan buka ikon, lalu lihat riwayat notifikasi yang pernah muncul di ponsel.

Hanya saja, menu ‘Notification Log’ tidak tersedia di semua jenis Android. Fitur ini hanya dimiliki ponsel Google Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Razer Phone 2. Perangkat Android yang diproduksi Huawei, Xiaomi, serta Samsung belum menyediakan fitur ini.

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238