Profil Livi Zheng, Sutradara yang Dicecar Joko Anwar

03 September 2019 248 Viewed

Livi Zheng belakangan ini sedang menjadi perhatian. Apalagi setelah tampil di program televisi "Q&A" Metro TV dengan tema "Belaga Hollywood" hari Minggu (1/9/2019).

Dalam program tersebut Livi dikritik oleh panelis yang terdiri dari sutradara Joko Anwar, Andibachtiar Yusuf, Adrian Jonathan Pasaribu, Nadine Alexandra, John de Rantau dan Maman Suherman.

Livi sebelumnya memang menyatakan bahwa dua filmnya, "Brush with Danger" dan "Bali: Beats of Paradise" berhasil masuk seleksi Oscar. Tapi menurut Joko Anwar, film-film tersebut hanya memenuhi persyaratan administrasi.

Setelah program tersebut tayang, nama Livi pun menjadi trending topic di Twitter dan Google. Untuk yang belum kenal dengan sosok Livi, berikut fakta-faktanya yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

1. Berasal dari Keluarga Pebisnis

Livia Notoharjono atau yang lebih dikenal dengan nama Livi Zheng lahir di Blitar, Jawa Timur pada 3 April 1989. Ia besar di keluarga pebisnis. Ayahnya bernama Gunawan Witjaksono atau yang akrab dikenal dengan The Hok Bing, dan ibunya bernama Lilik Juliati atau Lili The Hok Bing.

Livi mengatakan ayahnya memiliki bisnis hotel dan properti, sedangkan ibunya bekerja membantu bisnis ayahnya. Ia memiliki seorang adik laki-laki bernama Ken yang pernah menjadi pemeran utama di film buatannya, Brush with Danger.

2. Pendidikan di Luar Negeri

Livi menempuh pendidikan sekolah menengah pertama di SMP Pelita Harapan. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikannya di Western Academy of Beijing di Beijing, China.

Setelah itu, ia menempuh pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Ia bersekolah di University of Washington di Seattle, Washington mengambil jurusan ekonomi.

3. Satu Almamater dengan George Lucas

Saat berkuliah di University of Washington tersebut Livi mulai banyak bantu-bantu di set film. Setelah lulus, ia memutuskan untuk mengambil sekolah film.

Ia pun mengambil jurusan produksi film University of Southern California School of Cinematic Arts. Kampus tersebut berhasil melahirkan sutradara ternama Hollywood seperti George Lucas, Robert Zemeckis dan Brian Grazer.

4. Hobi Seni Bela Diri

Selain film, Livi mengaku tertarik dengan dunia bela diri. Bahkan ia pernah berlatih bela diri di Shi Cha Hai Sports School di Beijing, China saat berusia 15 tahun.

Livi juga sempat menjadi atlet wushu dan pernah memenangkan 26 kompetisi di Amerika Serikat.

5. Sering Kerja dengan Pejabat Pemerintah

Dalam karier perfilmannya, Livi banyak bekerja dengan pemerintah Indonesia. Ia pun pernah bekerjasama dengan beberapa pejabat pemerintah seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kapolri Tito Karnavian dan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

Bahkan di film terbarunya berjudul The Santri yang saat ini masih dalam tahap produksi, Livi menggandeng Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak untuk berperan di film tersebut.

6. Film Garapan Livi

Sebagai sutradara, Livi Zheng telah menggarap dua film panjang yaitu Brush with Danger yang rilis pada tahun 2014 dan dokumenter Bali: Beats of Paradise yang rilis pada tahun 2018.

Film Bali: Beats of Paradise telah tayang di Indonesia mulai tanggal 22 Agustus. Film ini pernah diulas oleh media AS, LA Times, yang menyebut bahwa film ini menghibur walau memiliki banyak celah.

7. Dicecar Joko Anwar

Dalam program "Q&A" yang tayang di Metro TV, Minggu (1/9), Livi Zheng sempat beberapa kali dikritik oleh Joko Anwar. Misalnya, ketika Joko membantah klaim Livi yang menyebut filmnya, Bali: Beats of Paradise, bersaing dengan 'Avengers: Infinity War' untuk kompetisi Best Picture di ajang Oscar. 

Joko meragukan kompetisi untuk bisa masuk ke ajang penghargaan tersebut seperti apple to apple. Menurutnya ada perbedaan genre yang tak bisa dibandingkan di antara 'Bali: Beats of Paradise' dengan 'Avengers: Infinity War'.

"'Avengers itu film feature sementara film kamu (Bali: Beats of Paradise) itu film dokumenter. Itu nggak bisa dipersaingkan," kata Joko.


Sumber : Detik.com

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238