Bukan buat bersihin sepatu, ini fungsi penting sikat di eskalator

04 September 2019 133 Viewed


Pernah nggak sih, kamu memperhatikan bagian-bagian yang ada di eskalator? Tangga berjalan ini memang sangat membantu untuk mengantarkan orang ke lantai yang lebih tinggi di sebuah tempat. Namun meski demikian, eskalator juga punya tingkat bahaya yang perlu diwaspadai.

Salah satu yang sering jadi pusat perhatian saat naik eskalator adalah bagian bulu atau sikat yang ada di bagian pinggir. Oleh banyak orang, sikat ini sering dianggap sebagai pembersih sepatu. Jadi sambil eskalator berjalan naik atau turun, kebanyakan orang pasti bakal iseng menempatkan sepatunya di bagian sikat tersebut.

Tapi ternyata bukan itu fungsi sikat di eskalator. Sama sekali bukan untuk bersihin sepatu atau membersihkan apapun. Usut punya usut, bulu atau sikat yang ada di sana punya fungsi penting terkait keselamatan pengguna eskalator, lho.

Dilansir brilio.net dari Reed & Mansfield, Selasa (3/9), sebuah firma hukum terkemuka di California mengungkap bahwa sikat di pinggir eskalator ini jadi penanda untuk mencegah orang berdiri di ujung eskalator. Sikat itu juga berperan penting untuk menghentikan pakaian atau kaki yang tidak sengaja terseret di ruang antara sisi tangga eskalator.

Selain dua itu, alasan yang paling penting sikat ini berguna untuk mencegah rambut, debu dan puing-puing lainnya masuk ke roda gigi eskalator. Oleh karena jika dibiarkan masuk, kotoran-kotoran itu paling parah bisa menyebabkan eskalator meledak.

Sikat di pinggir eskalator ini dipasang karena keresahan banyaknya kecelakaan yang terjadi. Di antaranya yang paling sering adalah kaki yang terseret di antara tangga dan juga kaki yang terseret di pinggir eskalator.

Memang kelihatannya sepele, namun beberapa kali ada kejadian kecelakaan eskalator yang didasari hal sepele yakni lalai. Terutama kejadian yang melibatkan anak kecil sebagai korbannya.

Pada tahun 1987, sejarah kecelakaan eskalator terparah tercipta. Saat itu tangga berjalan yang ada di stasiun bawah tanah London meledak dan menimbulkan 31 korban jiwa. Usai diselidiki, ditemukan banyak debu dan serpihan benda dan kotoran pada mesin eskalator.


Sumber : Brilio.net

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238