Setiap Jam, Uang Atta Halilintar Bertambah Rp 33 Juta

22 August 2019 124 Viewed

"Ahsiaaaaappp!" Kalau belum pernah mendengar kata itu, mungkin anda kuper, atau tinggal di daerah yang sulit dijangkau jaringan internet.

Kata tersebut dipopulerkan oleh YouTuber Muhammad Attamimi Halilintar, lebih dikenal dengan sebutan Atta Halilintar. Akun pemuda berusia 24 tahun itu dilanggan (subscribe) oleh lebih dari 18 juta orang, membuatnya tak hanya menjadi yang paling populer di Indonesia, tapi juga di Asia Tenggara.

Popularitasnya di platform berbagi video itu juga membuatnya menjadi golongan yang muda yang kaya. Perusahaan pemasaran yang bermarkas di Inggris, Purple Moon, memasukkannya dalam daftar 10 YouTuber berpenghasilan terbesar di dunia saat ini.

Atta, lelaki yang lahir di Dumai, Riau, pada 20 November 1994, menempati peringkat ke-8.

Berapa penghasilan Atta?

Menurut penghitungan Purple Moon (h/t The Sun), dalam sebulan ia bisa meraup uang hingga 1,37 juta poundsterling, atau Rp23,7 miliar, per bulan. Artinya, setiap jam, uang di rekening bank-nya bertambah Rp33 juta.

Pendapatan Atta sejam itu setara dengan gaji rata-rata pegawai kelas manajer di perusahaan besar per bulan. Bahkan, 7,8 kali lebih besar dari Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2019 tertinggi di Indonesia, Rp4,2 juta per bulan di Kabupaten Karawang.

Tak heran jika Atta bisa bergaya hidup mewah seperti yang kerap dipertontonkan dalam videonya. Rumah laksana istana dan koleksi mobil berharga puluhan miliar.

Semua itu, menurut sulung dari 11 anak hasil perkawinan Halilintar Hanofial Asmid dan Lenggogeni Farouk, tidak serta-merta didapatnya. Dalam video-videonya ia kerap bercerita tentang perjuangan orang tua berjualan karpet dan parfum dari rumah ke rumah, hingga akhirnya bisa membawa anak-anak mereka berkeliling dunia.

Atta, dituturkan CNBC Indonesia, mulai berbisnis sejak masih duduk di sekolah dasar. Pada usia 13, ia mulai berjualan ponsel. Bisnisnya lantas bertambah dengan berjualan mobil.

Bisnisnya makin menggurita saat ini. Atta menjalankan usaha clothing line Atta Halilintar Habit (AHHA) dan AHHA Hijab; usaha AHHA Publishing; hingga makanan Cake Masa Depan dan toko oleh-oleh Medan Mulaka.

Enam tahun lalu ia mulai merambah YouTube. Menampilkan beragam video, mulai dari aksi jahil, hingga bedah rumah selebritas. Gayanya yang cuek, cerewet, dan agak tengil, saat membawakan acara tersebut, rupanya menarik perhatian pemirsa YouTube. Namanya pun semakin berkibar.

Sebenarnya, seluruh anggota keluarga yang dikenal dengan nama Gen Halilintar ini memiliki akun YouTube yang cukup populer. Mereka jadi tenar setelah sang ibu merilis buku berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team pada 2015.

Bagaimana Purple Moon menghitung kekayaan YouTuber?

Purple Moon menjelaskan bahwa data untuk laporan tersebut dikumpulkan menggunakan "YouTube money calculator", perangkat lunak (software) yang diciptakan Sellfy.

Software tersebut memperkirakan pendapatan seorang YouTuber dengan membedah pemirsa (viewer) setiap bulan dan mengalikannya dengan rata-rata pembayaran iklan dari YouTube, yaitu antara Rp3.500 hingga Rp57.000 per 1.000 view.

Selain itu, mereka juga menghitung penjualan barang dagangan para YouTuber tersebut yang terdapat pada platform Sellfy.

Siapa peringkat teratas?

YouTuber terkaya saat ini berdasarkan perhitungan Purple Moon adalah Felix Kjellberg, alias PewDiePie. Lelaki asal Swedia ini menampilkan dirinya saat bermain video gamedengan gaya yang lucu.

Akun YouTuber PewDiePie dilanggan 99,6 juta orang. Jutaan subscriber itu membuatnya bisa meraup 6,5 juta poundsterling, sekitar Rp112,35 miliar, per bulan.


Sumber : Beritagar.id

 

Reporter

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238