4 Makanan Pendamping Daging Kurban Agar Kolesterol Tak Naik

12 August 2019 771 Viewed

Daging kurban, yakni sapi dan kambing dipercaya dapat menaikkan kadar kolesterol. Meski demikian, bukan berarti Anda yang takut dengan hal ini, tak bisa menyantapnya.

Terdapat banyak siasat yang bisa dilakukan agar daging kurban tetap dapat dinikmati. Salah satunya ialah dengan mendampinginya dengan makanan yang ampuh menetralisir kolesterol dalam tubuh. Apa sajakah itu?

Melansir dari Science Daily dan Medical News Today, berikut adalah empat diantaranya.

1. Alpukat
Alpukat dipercaya mampu melawan sindrom metabolik. Hal ini termasuk dalam kelompok faktor risiko kolesterol, gula darah dan tekanan darah tinggi, hingga meningkatnya indeks massa tubuh.

Para peneliti dari Iran menuturkan bahwa alpukat memiliki efek yang paling menguntungkan profil lipid, yakni mengubah kolesterol low-density lipoprotein (LDL), high-density lipoprotein (HDL), trigliserida, kolesterol total, dan fosfolipid. Jadi sekarang, usai mengkonsumsi daging kurban, segera netralisirkan dengan makan alpukat.

2. Cabai
Zat capsaicin yang terkandung di bagian biji dan serat putih dalam cabai bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga mencegah munculnya sel kanker. Oleh karena itu, American Dietetic Association pun menyarankan untuk mengkonsumsi cabai dalam bentuk segar dan bukan yang dikeringkan atau berupa cabai bubuk. Ini pun bisa dicampurkan pada daging kurban yang akan disantap

3. Yogurt
Yogurt bermanfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari membantu menurunkan kadar kolesterol hingga diabetes melitus tipe dua. Tak heran, spesialis gizi ahli gizi dari Loyola Marymount University Athletic Amerika Serikat, Emily Mitchell mengatakan bahwa konsumsi yogurt dapat dilakukan setelah makan, karena membantu menurunkan kolesterol. Dia juga mengungkapkan bahwa yogurt dapat menjadi cemilan sehat karena mencukupi kebutuhan kalsium dan menjaga pencernaan Anda.

4. Buah naga
Buah naga juga dipercaya dapat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah studi dalam jurnal Pharmacognosy Research pada 2010, menemukan, konsumsi buah naga bisa menurunkan risiko berkembangnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Sehingga baiknya, Anda bisa membuat buah naga sebagai makanan penutup pasca mengkonsumsi daging kurban.


Sumber : TEMPO.CO

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238