Lempar Jeruk, Cap Go Meh, dan Ritual Pencari Jodoh

11 February 2020 926 Viewed

Ritual lempar jeruk adalah salah satu aksi yang dilakukan ketika festival Cap Go Meh. Jeruk-jeruk ini dilemparkan ke sungai.

Bukan bermaksud untuk membuang sampah sembarangan, namun ada ritual membuang jeruk ke sungai ini juga ada maksud dan tujuannya sendiri, yaitu untuk mencari jodoh.

Orang-orang akan menuliskan nama dan nomor kontak pada jeruk kemudian dilemparkan ke air. Tak ada kriteria khusus, tetapi biasanya jeruk dilemparkan ke sungai atau laut. 


Setelah itu, para pria di sekitarnya akan mengambil jeruk yang sudah diberi nama plus nomor telepon. Harapannya, informasi ini bisa jadi jalan pria dan wanita bertemu kemudian bisa berjodoh.


Melempar jeruk saat Cap Go Meh dianggap akan meningkatkan peluang Anda untuk menemukan pasangan. Tapi tentunya ada aturan tertentu yang harus dipatuhi. Anda tak bisa melempar sembarangan dan sesukanya.

Master feng shui, Jessie Lee mengungkapkan bahwa Cap Go Meh tahun ini yang jatuh pada Sabtu (8/2) lalu ini merupakan hari yang baik untuk terhubung dan berkenalan dengan banyak orang. Hari itu juga hari yang baik untuk memperluas jaringan.

"Shio ayam, kerbau, dan monyet adalah tanda-tanda zodiak beruntung yang akan mendapat manfaat dari melempar jeruk," ucapnya dikutip dari Asia One.

Dosen dan penulis Khoo Boo Eng mengatakan bahwa etnis China Hokkien memiliki ekspresi Tim kam choaw ho ang yang secara harafiah berarti melemparkan jeruk dan menikah dengan suami yang baik. Sedangkan untuk pria ini berarti pak lokor chua ho boar (menabuh drum untuk mendapatkan istri yang baik).

"Saya tahu tradisi ini sejak muda. Saya melihat anak-anak melempar jeruk ke laut. Para lelaki akan menunggu di sampan. Mereka mengambil jeruk dan mencucinya dan menjualnya di pasar. Pada masa itu tak ada yang menulis nama dan nomor telepon mereka (seperti sekarang ini). Mereka membiarkan nasib yang mengambil alih," kata Khoo.



"Akhir-akhir ini beberapa orang akan ragu untuk memberikan informasi pribadi semacam itu karena takut dilecehkan atau menarik orang yang salah."

Trennya saat ini, orang yang melempar jeruk ini tak lagi memberi informasi pribadi. Trennya saat ini adalah memberikan akun Instagram atau akun media sosial lainnya.


Sumber : CNN Indonesia

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238