Tidak Semua Orang Sakit Harus Makan Bubur, Ini Alasannya

05 August 2019 627 Viewed

Apakah teman-teman pernah disarankan makan bubur saat sakit? Yap, kebanyakan orang sakit biasanya diberi bubur untuk makan.

Padahal, ternyata tidak semua orang sakit harus makan bubur, lo.

Sebelum cari tahu alasannya, kita perlu ketahui dulu bahwa sakit itu ada dua jenis, yakni sakit dengan gangguan pencernaan dan sakit tanpa gangguan pencernaan.

Bubur memang baik diberikan pada orang yang sakit dengan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan itu bisa berupa muntah-muntah, diare, dan sakit perut.

Bubur punya tekstur yang lembut, sehingga mudah dicerna. Tak hanya itu, zat gizi di dalam bubur juga lebih mudah diserap tubuh.

Aroma bubur juga tidak terlalu menyengat, jadi tidak menimbulkan rasa mual saat dimakan oleh orang yang sedang sakit. Bubur juga mengandung banyak air.

Orang yang mengalami masalah pencernaan tidak bisa mencerna makanan dengan normal. Jadi, mereka membutuhkan makanan yang mudah dicerna, mudah diserap gizinya, dan mengandung banyak air.

O iya, kandungan air di dalam bubur bisa menggantikan cairan yang hilang karena muntah-muntah, demam, dan juga diare.

Intinya, orang yang sakit dengan gangguan pencernaan membutuhkan bubur, supaya tenaganya bisa kembali dengan cepat!

Bagaimana dengan Orang yang Sakit Tanpa Gangguan Pencernaan?

Orang yang sakit tanpa gangguan pencernaan sebaiknya tidak diberi makan bubur.

Itu karena, bubur terlalu mudah dicerna dan diserap. Hal itu bisa membuat orang yang sedang sakit jadi mudah kenyang dan mudah lapar.

Gizi di dalam bubur juga tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi orang yang sedang sakit. Kalau kebutuhan gizinya tidak terpenuhi, orang yang sakit itu bisa kekurangan nutrisi dan semakin lemas.

Karena itulah, orang yang sakit tanpa gangguan pencernaan sebaiknya makan makanan berprotein tinggi, supaya kebutuhan gizinya terpenuhi.

Jadi, tidak semua orang sakit harus diberi makan bubur teman-teman.


Sumber : Bobo.id

TAGS:

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238