Hipmi Keluhkan Birokrasi Perizinan Yang Sulit dalam Pengembangan Usaha

20 June 2014 1289 Viewed

City Radio - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia mengeluh kepada menteri koordinator perekonomian chairul tanjung mengenai sulitnya birokrasi perizinan dalam pengembangan usaha di indonesia. Hal ini diungkapkan ketua DPP Hipmi, Raja Sapta Oktohari saat membuka Rapat Dewan Pleno II Hipmi siang tadi di Medan.

Menurutnya, keluhan yang paling sering disampaikan oleh anggota Hipmi di daerah adalah sulitnya proses pengurusan ataupun pengembangan izin usaha di tingkat pemerintah daerah, salah satunya datang dari BPD Hipmi riau.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian, Chairul Tanjung mengatakan pihaknya tengah mengupayakan agar setiap pengusaha baru yang akan berkembang hanya cukup mengurus izin kepada satu lembaga saja. Izin tersebut sudah termasuk izin perdagangan, NPWP, izin bangunan dan lainnya. Diharapkan, dengan kemudahan pengurusan akan meningkatkan jumlah usaha dan dapat mempermudah pengusaha informal menjadi pengusaha formal dengan cost pengeluaran yang rendah.

Sementara itu, Gubernur sumatera utara, Gatot Pujonugroho mengatakan kedepan, pengurusan izin di sumatera utara akan lebih mudah dengan program izin satu pintu. Disana, seluruh pengurusan izin dapat dilakukan hanya dengan mendatangi satu instansi pemerintahan saja. (Tri Kurniawan/Medan)

Connected with us

@cityradio959

Contact us

Phone+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6622 629 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 888 959
LocationJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238